Artikel

Peringati Hari Perempuan, YKI berikan penyuluhan tentang Kanker Payudara

09 Maret 2020 07:24:53  Vaksin  198 Kali Dibaca  Berita

infoPleret- Sabtu (10/03) Pertemuan PKK Desa Pleret yang bertempat di Pendopo Balai Desa Pleret, acara dimulai pada pukul 14.00 WIB. Acara dimulai dengan membaca bacaan Basmallah bersama-sama dan membaca doa bersama-sama. Dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Mars PKK dan Lagu Projo Tamansari. Lalu dilanjutkan dengan Penyuluhan dari Yayasan Kanker Indonesia bertema "SADARI KANKER" yang bertepatan dengan moment Hari Perempuan.

Topik yang sangat tepat karena sangat relevan dengan kondisi kesehatan kaum perempuan saat ini. Kita semua tentu paham bahwa selain kanker payudara, kanker serviks merupakan penyakit yang dekat dengan kaum perempuan. Dan untuk kanker serviks, data menunjukkan bahwa cukup banyak kasus kematian yang dikaitkan dengan penyakit ini.

“Berbagai penelitian menunjukkan bahwa  lebih dari 30% penyakit kanker,  dapat dicegah dengan cara mengubah faktor risiko perilaku dan pola makan,  penyebab penyakit kanker”.

Karena itu,  mari kita bersama-sama menyimak dan memahami penjelasan dari para narasumber,  agar kita bisa menjaga diri kita sendiri, keluarga kita serta dapat memberikan penjelasan pada masyarakat di sekitar kita,  dengan melakukan pencegahan-pencegahan yang diperlukan. Sehingga kita semua dapat terhindar dari penyakit tersebut yang termasuk dalam katagori  penyakit yang  mematikan.  Mudah-mudahan melalui sosialisasi hari ini, para hadirin dapat mengambil ilmu dan pengetahuan yang insya Allah dapat disebarluaskan  kepada perempuan lain di sekelilingnya, sehingga dapat menekan penderita maupun kematian akibat kanker serviks ini, pungkas Sri Wahyuni.

Periksa payudara sendiri atau SADARI hingga saat ini merupakan cara deteksi dini kanker payudara yang cukup efektif. SADARI mudah dilakukan dan bisa diterapkan kepada semua usia, baik remaja dan wanita dewasa. Dengan melakukan SADARI yang benar dan rutin, sebanyak 80 persen kanker payudara bisa ditemukan. Meski gerakan sangat mudah, nyatanya belum banyak wanita yang tergerak untuk melakukan SADARI. Penyuluhan deteksi dini kanker payudara dengan SADARI dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi dan praktik. Kegiatan ini diikuti oleh 40 an peserta wanita PKK Dusun Pleret. CM-007/ Rga

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Pengurus

Back Next

Agenda

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.044
    Kemarin:1.180
    Total Pengunjung:214.319
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.116.51.117
    Browser:Mozilla 5.0